Pengertian Hosting dan Domain Untuk Pemula - Deny Listianto

September 16, 2018

Pengertian Hosting dan Domain Untuk Pemula

Pengertian Hosting dan Domain Untuk Pemula

Tahukah sobat apa itu Hosting dan apa itu Domain?

Jika sobat belum tahu, silahkan sobat baca artikel ini sampai tuntas ya, agar sobat dapat memahami apa itu Hosting dan Domain.

Hosting dan Domain akan sangat berguna untuk blog sobat agar terlihat lebih profesional. Berikut penjelasan tentang Hosting dan Domain.

Apa itu Hosting?


Hosting adalah sebuah tempat penyimpanan file dan data-data yang diperlukan oleh sebuah situs web atau blog, sehingga dapat di akses oleh pengguna lewat jaringan internet.

Hosting bisa disebut juga Web Hosting atau sewa hosting berisi file dan data yang dapat berupa file, gambar, email, aplikasi, program, script, database, dan sebagainya.

Cara mendapatkan hosting adalah dengan menyewa di situs web yang menyediakan layanan web hosting, hosting bisa di sewa dengan jangka waktu bulanan hingga tahunan terserah sobat mau pilih yang mana, saya sarankan untuk teliti dalam memilih paket hosting.

Untuk harga sewa hosting sendiri ditentukan dari spesifikasi paket hosting yang dipilih dan jangka sewa yang ditentukan, semakin besar spesifikasinya semakin mahal harga sewanya, namun jika melakukan sewa jangka panjang biasanya akan mendapatkan potongan harga, tergantung dimana sobat menyewa layanan web hosting.

Lalu, Apa itu Domain?


Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat sebuah situs web atau blog di jaringan komputer ataupun internet.

Berbeda dengan Hosting yang dapat disewa bulanan, Domain hanya bisa di sewa dengan jangka waktu tahunan. Domain sendiri terdiri atas dua elemen utama, yaitu :

  1. Nama situs web, contoh : TKJDeny, Facebook, Twitter, Google.
  2. Ekstensi nama domain, contoh : .com, .id, .net, .web.id, dan masih banyak lagi.

Misalnya, untuk nama domain tkjdeny.com, yang mengandung dua elemen utama domain, yaitu : nama website (TKJDeny) dan ekstensi nama domain (.com).

Ada beberapa tipe domain yang harus sobat ketahui dan pahami, berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa tipe domain.

1. Top Level Domain (TLD)

Top Level Domain adalah tipe nama domain yang merupakan top level dari sistem nama domain di internet.

Tersedia banyak sekali domain TLD yang bisa sobat gunakan dan paling banyak digunakan oleh pemilik situs, antara lain adalah .com, .org, .net, dan .edu.

Internet Assigned Numbers Authority (IANA) adalah sebuah organisasi resmi yang mengelola Daftar TLD.

2. County Code Top Level Domain (ccTLD)

County Code Top Level Domain adalah domain yang hanya terdiri atas dua huruf dengan berdasarkan kode negara internasional. Misalnya, .us untuk United States dan .id untuk Indonesia serta .jp untuk Jepang.

3. Generic Top Level Domain (gTLD)

Generic Top Level Domain adalah tipe nama domain yang tidak menggunakan kode negara. Domain gTLD biasanya ditujukan untuk penggunaan situs web yang lebih spesifik, misalnya, .edu untuk website institusi pendidikan.

Contoh lain dari penggunaan gTLD adalah (.mil) untuk militer, (.gov) untuk pemerintahan, (.org) untuk lembaga nirlaba dan organisasi, dan yang lainya.

4. Second Level Domain

Second Level Domain adalah tipe nama domain yang berada tepat setelah top level domain. Misalnya, perusahaan di Inggris akan menggunakan .co.uk. Inilah yang dinamakan penggunaan second level domain.

Contoh lainnya, .co.id biasanya digunakan oleh perusahaan di Indonesia, .gov.uk biasanya digunakan oleh institusi pemerintah dan .ac.uk digunakan oleh institusi akademik dan universitas.

5. Subdomain

Subdomain adalah nama domain tambahan dari sebuah domain utama. Misalnya, Google menggunakan support.google.com untuk menyediakan informasi dan bantuan untuk para pengguna Google.

Kesimpulan


Itulah penjelasan tentang Hosting dan Domain dari saya, dapat disimpulkan bahwa untuk memiliki sebuah hosting dan domain kita harus menyewa di situs penyedia layanan tersebut atau sobat bisa membuat layanan itu sendiri dengan membuat server sendiri.

Demikian artikel kali ini, terimakasih telah berkunjung dan semoga sukses.

Referensi :


  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Nama_domain
  • https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-domain/amp/
  • https://www.akbarmedia.id/2018/09/mengenal-domain-dan-hosting.html
  • https://www.niagahoster.co.id/blog/panduan-domain-untuk-pemula/amp/
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>
  • To write a underline letter please use <u></u>
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Notifications

Disqus Logo