Cara Menggunakan Tag Heading H1-H6 agar SEO Friendly - Deny Listianto

September 21, 2018

Cara Menggunakan Tag Heading H1-H6 agar SEO Friendly

Cara Menggunakan Tag Heading H1-H6 agar SEO Friendly

Perlu diketahui dalam format penulisan di situs web atau blog terdapat tag heading H1 sampai H6, dimana tag heading ini cukup penting untuk digunakan dalam setiap artikel karena dapat mempengaruhi struktur konten.

Tag Heading biasanya digunakan untuk menandakan mana bagian judul, sub judul, dan kata-kata atau poin-pion penting lainnya. Sekaligus memberitahukan kepada kepada mesin pencari seputar susunan dan struktur artikel.

Dengan begitu mesin pencari dapat membedakan mana bagian judul, sub judul, dan kata-kata atau poin-pion penting lain yang ada dalam sebuah artikel di blog.

Ada 6 buah Tag Heading ( H1,H2,H3,H4,H5,H6 ), Berikut adalah gambar contoh bentuk atau tampilan H1 sampai H6.

Cara Menggunakan Tag Heading H1-H6 agar SEO Friendly

Setelah sobat melihat gambar di atas dapat disimpulkan, bahwa penulisan Tag Heading dapat di lakukan dengan format seperti berikut ini.

<tag_heading> .....isi..... </tag_heading>

Sebagai contoh penerapan nya :

<h1>Cara Menggunakan Tag Heading H1-H6 agar SEO Friendly<h1>

Tag Heading juga bisa di tambahkan berbagai atribut yang dapat di atur sedemikian rupa sehingga sesuai dengan apa yang sobat butuhkan.

Berikut ini adalah penjelasan dan cara penggunaan tag heading yang tepat agar SEO Friendly untuk artikel blog sobat.

Cara Menggunakan Tag Heading H1-H6 agar SEO Friendly


Ada 6 buah tag heading yang mempunyai tampilan dan fungsi berbeda, berikut diantaranya :

1. Tag H1 (Heading 1)


Tag ini berfungsi untuk memberi tau kepada mesin pencari dan pengunjung, bahwa ini adalah kata yang paling penting yang ada di sebuah halaman blog.

Sesuai fungsinya yang menunjukkan kata yang paling penting, maka perlu diingat bahwa, tag H1 hanya boleh ada 1 saja di dalam satu halaman.

2. Tag H2 (Heading 2)


H2 tidak jauh berbeda dengan H1, H2 hanya berada satu tingkat di bawah H1, namun maksimal penggunaan H2 dalam satu artikel belum diketahui dengan pasti.

Menurut pakar SEO dalam satu artikel maksimal penggunaan H2 sebanyak 5, 8, 10, dan seterusnya. Saya sarankan untuk menggunakan H2 secukupnya saja, sesuai dengan kebutuhan.

H2 dapat ditempatkan pada bagian sub heading atau dapat menggunakannya untuk menulis ulang judul atau keyword pada sebuah artikel. Contohnya seperti ini:

Cara Menggunakan Tag Heading H1-H6 agar SEO Friendly

Selain itu, H2 dapat di manfaatkan untuk di tempatkan di bagian judul pada homepage blog sobat. Tapi ingat, tidak bagus jika banyak-banyak, cukup 8 saja.

3. Tag H3 (Heading 3)


Fungsi Tag Heading H3 adalah digunakan untuk sub-judul atau penjelasan dari judul posting, bisa juga digunakan pada judul widget atau bisa untuk meletakkan keyword.

Bisa dibilang tag H3 di gunakan hanya untuk pelengkap saja, dan maksimal penggunaannya dalam sebuah artikel belum di ketahui.

4. Tag H4 (Heading 4)


H4 dapat anda gunakan sebagai hiasan saja, misal digunakan untuk judul widget, dengan begitu H4 dapat menggantikan H2 pada judul widget agar penggunaan H2 tidak terlalu banyak dan menumpuk.

Bisa juga digunakan untuk judul “Artikel Terkait” dan “0 Komentar” yang biasanya berada di bawah postingan blog.

5. Tag H5 (Heading 5)


Semakin kebawah tag heading semakin tidak terlalu penting penggunaannya, tag ini tidak terlalu berfungsi, jadi dapat dapat memakainya dimana saja.

Tetapi, tag ini juga bisa di manfaatkan sebagai pembantu H4, seperti menjadi judul di widget, credit link di footer, dan sebagainya. Intinya bebas mau memakainya dimana saja.

6. Tag H6 (Heading 6)


Terakhir adalah tag H6, tag ini dapat digunakan untuk penutup di sebuah artikel, atau credit link di footer dan copyright nya.

Tidak ada batasan untuk penggunaan tag H6, jadi sobat bisa menggunakannya dimana saja sesuai kebutuhan.

Demikian artikel Cara Menggunakan Tag Heading H1-H6 agar SEO Friendly, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>
  • To write a underline letter please use <u></u>
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Notifications

Disqus Logo